Informasi dan Aplikasi tentang Smartphone Android

Cara Merubah Tampilan Status Bar Di Android

Cara Merubah Tampilan Status Bar Di Android - Status Bar adalah tempat khusus interface yang ada di smartphone khususnya Android yang berfungsi untuk menampilkan pemberitahuan, icon battery, sinyal, jam/tanggal, dan Aplikasi yang aktif seperti BBM. Contoh seperti gambar di bawah ini.
Cara Merubah Tampilan Status Bar Di Android
Contoh gambar status Bar

Apakah kalian sudah tahu apa itu mod? bagi kalian yang masih belum tahu apa itu mod, kata mod atau yang mempunyai kepanjangan modification yang diartikan sebegai merubah suatu hal yang standar menjadi lebih berbeda dari sebelumnya. kata mod ini diambil dari singkatan ClockworkMod atau disingkat cwm. cwm disini bisa dikatakan adalah sebuah standar de facto untuk custom recovery di platform android. aplikasi yang akan kita gunakan ini merupakan sebuah aplikasi open source yang dibangun berdasarkan android recovery stock. sebagai pengembangan dari recovery stock, CWM tentunya bisa memberikan kemampuan lebih dibandingkan versi asalnya.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang Cara Merubah Tampilan Status Bar Di Android, dikarenakan merubah tampilan menu Android sudah terlalu mainstream, kali ini saya ingin merubah tampilan Status Bar Android. Oleh sebab itu saya akan merubah tampilan yang sebelumnya sederhana menjadi lebih bagus. Contohnya bisa anda lihat pada gambi ar di bawah:
Cara Merubah Tampilan Status Bar Di Android
 Contoh gambar status bar yang sudah berubah tampilan

Untuk merubah tampilan status bar di Android saya menggunakan Aplikasi pihak ke tiga. Aplikasi yang akan kita gunakan ini merupakan sebuah Aplikasi open source yang dibangun berdasarkan Android recovery stock. sebagai pengembangan dari recovery stock, CWM tentunya bisa memberikan kemampuan lebih dibandingkan versi lamanya.

Ada dua cara untuk merubah tampilan status bar, diantaranya secara manual ataupun dengan bantuan Aplikasi lain atau pihak ketiga. Diantara kedua cara tersebut mungkin memiliki RESIKO. disarankan untuk melakukan backup data terlebih dahulu.

Sebelum ketahap proses alngkah baiknya kita harus memenuhi persyaratan dan peralatan diantaranya:
  • Aplikasi seperti Xposed Framework yang dapat anda unduh melalui hosting xposed Aplikasi XblastTools yang dapat di unduh melalui hosting xblast.
  • Ponsel sudah dalam keadaan Root karena Aplikasi XblastTools memerlukan akses Root
Jika kedua Aplikasi diatas sudah anda unduh kemudian diletakkan di SD card anda masing-masing, sekarang kita mulai proses cara ganti tampilan status bar Android:
  • Pertama-tama install kedua Aplikasi Xposed Framework dan Aplikasi XblastTools di android. apabila sudah selesai, anda masuk ke Aplikasi Xposed Framework.
  • Apabila sudah masuk, pilih "module" kemudian ceklis "xblast tool". jika sudah di ceklis, kembali ke framework kemudian pilih "install/update" dan apabila sudah selanjutnya yaitu "reboot".
  • Kemudian anda tinggal merubah status bar yang diinginkan seperti : 
1. Status bar transparan => pertama buka aplikasi xposed framework kemudian pilih modules => xblast tool => statusbar => ceklis "Status bar background colour". Anda tinggal geser ke kanan dan ke kiri untuk menyesuaikan transparan. jika sudah, kembali ke "fremawork" kemudian pilih "instal/update" lalu "reboot".

2. Background setting transparan => pertama buka aplikasi xposed framework kemudian pilih modules => xblast tool => visual tweaks => pilih "holo themes" kemudian "Dark Themes", Ceklis "Enable Holo Dark Theme" lalu pilih "holo dark background image" selanjutnya pilih gambar yg mau anda pakai buat background. jika sudah, kembali ke "framework" pilih "instal/update" lalu "reboot".

3. Speed indicator status bar => pertama buka aplikasi xposed framework kemudian pilih modules => xblast tool => status bar => pilih "network speed indicator" lalu ceklis "network speed indicator". bisa juga anda ubah warnanya sesuai dengan yang anda inginkan. jika sudah, kembali ke "framework" lalu pilih "instal/update" kemudian "reboot".

4. Ganti tampilan/warna baterai => pertama buka aplikasi xposed framework kemudian pilih modules => xblast tool => statusbar lalu pilih icons dan ceklis "battery colour". pilih warna yang anda mau lalu kembali ke "framework" pilih "instal/update kemudian "reboot". 

5. Ganti tampilan lockscreen => pertama buka aplikasi xposed framework kemudian pilih modules => xblast tool => pilih XlockY kemudian ceklis "enable xlocky" lalu pilih "lockscreen lockring icon". Ada beberapa macam icon locksreen yang tersedia dan tinggal anda pilih atau pilih "Custom" buat image icon locksreen anda sendiri. jika sudah, kembali ke "framework" pilih "instal/update" kemudian "reboot". Dan masih banyak lagi fitur yang dapat anda coba pada xblast tool di android anda silahkan anda bereksperimen sendiri.

Demikian artikel tentang Cara Merubah Tampilan Status Bar Di Android , selamat mecoba dan semoga berhasil, terima kasih :)
loading...
Tag : Tips Android
0 Comments for "Cara Merubah Tampilan Status Bar Di Android"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Back To Top